Safety Procedure

Prosedur keamanan di lingkungan Kompas Gramedia meliputi keamanan kerja karyawan, fasilitas kantor, dan lingkungan sekitar kantor. Semua ini bertujuan memberi rasa aman bagi karyawan dalam bekerja. Prosedur keamanan ini di bawah koordinasi Corporate Facility Management, General Affair Division.

Tenaga keamanan Kompas Gramedia dilatih oleh tenaga profesional dan aktif di AMSI (Asosiasi Manager Security Indonesia). Keandalan ini akan semakin tajam dengan melakukan latihan rutin. Latihan ini meliputi latihan kebakaran, bencana alam, kecelakaan kerja, demo, dan kerusuhan massa. Tenaga keamanan ini akan secara rutin bergilir untuk mengamankan seluruh aset perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fasilitas keamanan di seluruh aset Kompas Gramedia sudah sesuai dengan dinas kebakaran dan instansi terkait lainnya. Semua gedung sudah dilengkapi pompa hidran, alat pemadam api ringan, detektor asap, tangga darurat, dan lain-lain. Semua kelengkapan ini juga selalu rutin diperiksa oleh dinas terkait untuk kesiapannya.

Di semua gedung Kompas Gramedia juga sudah dilengkapi titik kumpul sebagai titik evakuasi karyawan apabila terjadi bencana. Tanda yang jelas dan mudah dibaca akan memudahkan karyawan untuk melakukan penyelamatan diri. Selain itu, di setiap gedung juga sudah dilengkapi peta arah jalur evakuasi.
Untuk situasi darurat juga tersedia Emergency Respond Team, yaitu tim yang bertugas untuk menanggulangi situasi genting. Unit ini dibentuk untuk menangani secara cepat apabila ada fasilitas kantor atau karyawan yang mengalami banjir, kebakaran, demonstrasi, dan sebagainya. Karyawan tinggal menghubungi bagian SDM unit masing-masing untuk mendapatkan layanan tim ini. 

Health

Kompas Gramedia terus melihat karyawannya sebagai aset utama bagi berlangsungnya dinamika bisnis perusahaan. Oleh karena itu, kesehatan karyawan sangat diperhatikan dan dikelola secara berkelanjutan, dimulai dengan tes kesehatan sebagai prasyarat sejak karyawan masuk bekerja. Bagi karyawan yang sudah termasuk dalam golongan usia tertentu mendapatkan kesempatan melakukan medical check-up berkala.

Berkaitan dengan itu, tidak hanya kesehatan jasmani dan rohani karyawan yang diperhatikan, tetapi kesehatan di lingkungan tempat bekerja juga menjadi fokus. Tersedia berbagai sarana hobi bagi karyawan seperti fasilitas olahraga dan kesenian. Beberapa area di sekitar perkantoran dibiarkan terbuka dan menjadi area hijau.

Sarana pendukung juga disediakan di lingkungan kerja Kompas Gramedia, seperti poliklinik yang selalu siap dengan dokter dan kerja sama dengan rumah sakit di sekitar lingkungan kerja. Selain itu, karyawan pun mendapat pelatihan khusus untuk bisa melakukan tindakan P3K apabila terjadi kecelakaan kerja.

Dukungan akan lingkungan yang sehat juga diterapkan di lingkungan Kompas Gramedia seperti membangun green-building, menata kantin makanan di sekitar kantor, dan mengampanyekan berolahraga serta gaya hidup sehat.

Environment Protection

Kompas Gramedia amat menyadari bahwa limbah bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, baku mutu standar pengolahan limbah keluaran semua unit usaha Kompas Gramedia sudah disesuaikan dengan standar peraturan pemerintah Indonesia. Limbah dan sisa produksi yang keluar dari pabrik dan kantor Kompas Gramedia dijamin aman bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan maupun masyarakat sekitar.

Pengelolaan dan pengolahan limbah dikerjakan secara modern, terstruktur, dan terpadu dengan pengawasan berkala yang ketat. Hasil pengolahan limbah dites di laboratorium secara teratur, sehingga limbah yang keluar benar-benar dapat dipastikan aman bagi kehidupan. Kompas Gramedia tidak ingin limbah produksinya mencemari lingkungan dan meracuni masyarakat sekitar.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia