Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

ROADSHOW 2018

BULETIN INFO KITA - Maret

CORPORATE ROADSHOW DAERAH 2018

KG dengan sebaran lokasi unit dan karyawan dari satu ujung Indonesia ke ujung lainnya lagi tentu membanggakan bagi karyawannya. Tapi semakin besar, tentu semakin besar dan kompleks pula tantangan komunikasi di antara kita. Termasuk soal menyamakan arah dan fokus kerja serta target pencapaian KG 2018 seperti yang termuat dalam CEO Direction. Bagaimana caranya agar apa yang diutarakan oleh CEO KG Lilik Oetama juga menjangkau seluruh unit kita di daerah? 

Corporate Roadshow diadakan 23 Februari – 15 Maret 2018 di 11 daerah FKD (Forum Komunikasi Daerah) yakni Medan, Palembang, Pekanbaru, Jogjakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Pontianak, hingga Makassar dan dihadiri seluruh pimpinan unit di daerah. Tim Corporate Communication selaku penyelenggara diwakili oleh Saiful Bahri (GM Communication Management), Viola Oyong (External Communication Manager), Dwi Yuni Astuti (Internal Communication Manager), dan Zaenal Arifin (Koordinator FKD) berkeliling selama hampir sebulan menyampaikan beberapa hal. Mengambil tema Transforming With Integrity, KG yang dari sisi usia tidak masuk kategori milenial harus terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar produk kita tetap sesuai dengan tuntutan pasar. Beberapa contoh transformasi yang sudah dilakukan unit KG di antaranya Harian KOMPAS dengan Kompas.id, penggabungan dan konsolidasi Group of Media, serta Santika dengan rencana peluncuran brand hotel baru yang lebih kekinian dengan interior yang instagramable, tentu tanpa mengesampingkan pelayanan optimal ala Santika. 
Dalam Corporate Roadshow juga dibeberkan hasil survei brand equity KG yang dilakukan tahun lalu. Survei yang diikuti 800 responden dari 5 kota besar di Indonesia yakni Medan, Palembang, Jabodetabek, Jogjakarta, dan Makassar ini ingin melihat image KG dari kacamata masyarakat. Hasilnya, syukurlah KG masih dianggap sebagai korporasi yang terpercaya, jujur, dan berkomitmen. Mayoritas responden juga menyadari KG sebagai perusahaan multiindustri, walaupun image yang masih kuat melekat adalah perusahaan media dan penerbitan. Meski demikian, tidak sedikit pula yang menganggap KG sebagai perusahaan tua dan terkesan tidak modern, juga mengenai harga produk-produk kita.  
Nah, ada yang berbeda juga dalam materi Corporate Roadshow tahun ini. Jika materi tahun-tahun sebelumnya lebih kepada arahan pekerjaan dan campaign tahunan,  kali ini disisipkan materi netiket dan penanganan krisis. Mengantisipasi tahun politik dan mengingatkan kembali tren perilaku netizen zaman now, sudah seharusnya kita keluarga besar KG ini lebih ‘mengerem’ segala hal yang kita ingin unggah di media sosial. Karena mau tidak mau, suka tidak suka, apapun yang kita unggah sangat mungkin dianggap mewakili perusahaan. Jangan sampai kita salah unggah, lantas menjadi viral, lalu kita masuk pemberitaan akun-akun gosip? Tidak hanya pribadi, perusahaan pun bisa kena dampaknya. Disinggung pula aturan tentang larangan karyawan ikut kegiatan politik, berkampanye, atau bahkan nyalon sebagai anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, dan atau lembaga negara. Sanksi terberat bisa berupa pemutusan hubungan kerja. 
Khusus terkait penanganan krisis, pada kesempatan roadshow ini diserahkan juga SK bagi seluruh Ketua FKD yang sekaligus akan merangkap sebagai ketua Pusdalsis (Pusat Pengendalian Krisis) setempat.
Corporate Roadshow tahun ini diadakan berturutan dengan acara Syukuran KG di daerah. Mengusung tema “KG Zaman Now“, teman-teman di daerah tidak kalah seru meramu acara Syukuran yang lebih kekinian. Hadir secara bergantian Rusdi Amral (Direktur Corp. Communication), Sigit Suryanto (Direktur Corp. Human Resources), dan Widi Krastawan (Staf CEO Bidang Komunikasi) yang ikut berkeliling ke 11 daerah dari total 37 yang ikut menggelar Syukuran KG. 
Mengambil kesempatan roadshow di daerah, sosialisasi Group of Media atau yang disebut GoMed ikut dilakukan. Disampaikan langsung oleh CEO GoMed Andy Budiman dan Vice CEO GoMed Sentrijanto, serta tim sosialisasi yakni Mangatur Trinovita (GM HR & GA Group of Digital), Gizella Kadarwati (GM HR & GA Kompas TV), Deddy Risnanto (Vice GM Corporate Secretary Kompas TV), Pieter Gero (GM HR & GA Harian KOMPAS), dan Frans Lakaseru (Legal Advisor Harian KOMPAS) yang secara bergantian mendampingi. Teman-teman di daerah mendapat penjelasan mengenai GoMed yang pada intinya, untuk merespon tuntutan zaman, pasar yang sudah berubah, serta mempertahankan KG hingga the next fifty years atau bahkan lebih, segala upaya perlu dilakukan termasuk penggabungan dan konsolidasi Group of Media ini. Tentunya proses penggodokan GoMed masih terus dilakukan, terus berevolusi demi terciptanya organisasi dan operasional yang lebih ideal dan optimal.
Terlepas dengan segala agendanya, Corporate Roadshow ini jadi cara untuk mendekatkan yang jauh dan yang sudah dekat akan semakin dekat. Kunjungan dari pusat ke daerah tentu dinanti agar komunikasi terjalin lebih baik. Harapannya roadshow ini juga mampu mendorong lebih banyak sinergi antarunit di daerah. Sampai jumpa di Corporate Roadshow tahun depan, ya! (Dwi Yuni-Corcomm)

Anjuran Minum 8 Gelas, Mitos atau Fakta?

Manusia dapat bertahan hidup sampai dengan 3 minggu tanpa makanan, tetapi kemampuan bertahan hidup turun menjadi 3 sampai 10 hari jika tidak mendapat cairan....

Pameran Foto Jelajah Terumbu Karang: LAUT KITA, IBU KITA

Diselenggarakan oleh Harian KOMPAS, Pameran Foto Terumbu Karang (21–25 Februari) dihadiri sampai sekitar 1.000 pengunjung. Sebagian besar berusia...

Motion Radio Kembali Gelar Konser Hari Musik Nasional

Merayakan Hari Musik Nasional pada Jumat, 9 Maret, Radio Motion 97.5 FM bekerja sama dengan Kota Kasablanka kembali menggelar Konser Hari Musik Nasional...

FINAL LOMBA INOVASI KG 2017

Dibuka oleh Vice CEO KG Jayant Bhargava final penjurian Lomba Inovasi digelar di lobi Palmerah Selatan, Rabu 21 Maret.
© 1963 - 2018  Kompas Gramedia - All rights reserved