Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

MILLENIALS KG

BULETIN INFO KITA - Oktober 2017

KOMPAS 20 OKTOBER 2017 EDISI MILENIAL

Redaksi awalnya terkejut dengan ide atau usulan itu tapi juga sekaligus tertarik. Lewat diskusi panjang selama sekitar tiga jam tim di Redaksi akhirnya menerima ide itu dengan beberapa catatan: Desain yang dibuat para Milenial mesti sesuai dengan koridor Harian KOMPAS.

Esoknya, hari Rabu, Redaksi meggelar rapat gerak cepat menyiapkan konsep liputan Sumpah Pemuda dan ditunjuklah Budi Suwarna, Kepala Desk Muda, sebagai Person in Charge. Tema yang ditentukan oleh Redaksi adalah bagaimana Generasi Milenial aktif mencari ruang politik dan ekonomi ketika negara tidak memberi banyak ruang pada mereka.

Semakin mendekati tanggal 28 Oktober, esoknya lagi di hari Kamis tim ini melakukan diskusi panjang sekali lagi dengan tim Milenial. Ternyata mereka, anak-anak muda ini, sudah membawa mock up, namun diskusinya sendiri lebih banyak menyentuh aspek-aspek teknis. Misalnya, bagaimana desain yang mereka sodorkan bisa dikerjakan dalam waktu mepet, bagaimana mereka bisa bekerja sesuai dengan kultur koran yang dinamis dan tentu saja dibatasi waktu tenggat yang pendek sekitar 1–4 jam saja.

Awalnya sempat muncul keraguan, juga dari pihak para Milenial, apakah kolaborasi itu sebenarnya bisa dijalankan. Sampai akhirnya semua sadar bahwa yang sesungguhnya lebih penting adalah prosesnya, bukan hasilnya. Hasil belum bisa dilihat sampai produknya ada, tapi kolaborasinya tetap mesti diperjuangkan.

Selaras tema liputan Sumpah Pemuda yakni gerakan anak muda yang terus mencari ruang untuk bisa menyumbangkan sesuatu yang positif bagi Indonesia, dengan sedikit nekat kolaborasi itu pun akhirnya dijalankan.

Hasilnya? Sesuai yang diharapkankan oleh semua pihak. Tidak melampaui jadwal deadline, produksi tidak terlambat, kendati hampir semua penghuni Lantai 3-terutama di bagian-bagian ujung dari mata rantai produksi, terutama yang menangani bidang grafis dan tata letak-sempat menjalani jam-jam penuh ketar-ketir. Pujian membanjiri halaman-halaman akun media sosial Harian KOMPAS. Dan lazimnya sesuatu yang mengejutkan, pastilah ada juga kritik dan opini pembaca yang menjadi masukan penting.

Secara khusus Budi Suwarna menyatakan apresiasinya pada para desainer dan ilustrator Milenial yang kreatif, percaya diri, dan produknya bagus. Apresiasi juga disampaikan secara keseluruhan berkenaan dengan kolaborasi antargenerasi ini-betapa para Milenial sekaligus bersama Generasi X dan Baby Boomers di Redaksi Harian KOMPAS bersedia saling memberi ruang, menekan ego masing-masing, saling belajar, saling memahami, dan bekerja sama dalam waktu yang sangat singkat. Suatu hari kolaborasi semacam ini patut dipertimbangkan lagi. 

Dan, oh ya… tepat pada perayaan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, koran KOMPAS “edisi Milenial“ ini diperlihatkan pada Pesiden RI Joko Widodo. (BSW/KOMPAS, Nana, foto dok. InfoKita)

Hemat Listrik, Yuuuks!

Rasanya kita sepakat ya kalau kita semua pasti tahu soal kampanye pemerintah soal Gerakan Hemat Energi Potong 10 Persen yang menyasar rumah tangga, sosial,...

Harian KOMPAS dalam Platform Digital

Bagi pembaca setia harian Kompas, Anda tentu akan rindu membaca berita khas Kompas ketika sedang dinas luar kota maupun berlibur. Tenang saja, Anda masih...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved