Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

MERAIH INDONESIA DAMAI

BULETIN INFO KITA - Mei

MAKAN MALAM APMF 2018; BEYOND CORAL REEF

Kompas Gramedia menghadirkan atmosfer makan malam bawah laut di perhelatan Asia Pasific Media Forum (APMF) 2018, Taman Jepun, Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis, 3 Mei. Tema “Beyond Coral Reef“ dipilih, terinspirasi dari ekspedisi jurnalistik “Jelajah Terumbu Karang“ Harian KOMPAS. 
Jamuan makan malam ini dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini, CEO Group of media KG Andy Budiman, serta Board of Directors KG. 

Selama 53 tahun berkarya Harian KOMPAS melalui pemberitaan jurnalistik yang kredibel tidak hanya menyampaikan kisah yang menarik, namun turut berpengaruh bagi seluruh komponen bangsa. “Jelajah Terumbu Karang membutuhkan eksplorasi, validasi, dan verifikasi untuk memastikan kualitas informasi. Membuka wawasan yang melampaui pemahaman kami, untuk menemukan hal-hal terdalam dan perspektif  terluas yang dapat memenuhi kebutuhan informasi setiap generasi,“ ujar Andy Budiman.  Seperti halnya jurnalisme khas KOMPAS, tema “Beyond Coral Reef: Explore, Contribute, Sustain, Repeat“ memaknai kembali peran media di tengah masyarakat melalui berbagai bentuk, seperti Teroka di KompasTV, Visual Interaktif Kompas atau VIK di Kompas.com, hingga microsite Kompas.id. Melalui cara inilah KOMPAS mampu mempertahankan eksistensinya.  
Sementara itu kehadiran Tri Rismaharini bukan tanpa alasan. Kontribusinya bagi warga Surabaya sejalan dengan prinsip KG. Mengutip salah satu perintis KG Jakob Oetama bahwa “Ke-Indonesia-an sudah waktunya diperluas pemaknaan dan penghayatannya. Dalam arti selain dari sisi adat istiadat dan politik, memahami ke-Indonesia-an harus juga mencakup kealamannya“, demikian pula yang dilakukan Tri Rismaharini. Dalam memimpin kota Surabaya, walikota ini juga mencakup kealamannya dan pemberdayaan masyarakat secara utuh. 
Rangkaian acara makan malam ini dimeriahkan oleh band asal Denpasar, Dialog Dini Hari, dan ditutup oleh DJ Osvaldo Rio.
Jelajah Terumbu Karang sendiri merupakan ekspedisi editorial Harian KOMPAS tahun lalu, dilaksanakan di delapan area Indonesia yaitu Teluk Jailolo di Maluku Utara, Teluk Cenderawasih di Papua, Perairan Komodo di Manggarai Barat, Selat Lembeh di Sulawesi Utara, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Raja Ampat di Papua Barat, Selayar di Sulawesi Selatan, dan Pulau Bali.  

Tentang #KGAPMF 
Partisipasi KG di APMF 2018 berlangsung 2–4 Mei. Selain menjadi ‘tuan rumah’ jamuan makan malam di hari kedua, KG juga hadir pada booth eksibisi dengan tema serupa, yaitu  “Beyond Coral Reef“. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, booth KG kali ini tampil dengan latar belakang layar full-LED 8 x 3 meter untuk menciptakan suasana bawah laut dengan menampilkan dokumentasi jurnalistik karya Harian KOMPAS. Terdapat pula beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung booth, seperti VR experience dan menikmati kopi khas KOMPAS dari empat area ekspedisi Terumbu Karang. (*)

Mengobrol (tentang) Bahasa Media Massa

Tidak seperti program lainnya dalam acara Makassar International Writers Festival 2018 yang kebanyakan membahas buku dan penulisnya, Harian KOMPAS membawakan...

KG Dukung Kemajuan SMK

Kompas Gramedia turut berpartisipasi pada Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional ke-26 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan...

“DENDANG SEJUTA ANAK“ Peluncuran Album Dendang Kencana

Menyambung kemeriahan Dendang Kencana tahun lalu, KG melalui Bentara Budaya kembali menyelenggarakan Dendang Kencana 2018. Kali ini dalam kerjasama dengan...
© 1963 - 2018  Kompas Gramedia - All rights reserved