Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

MERAIH INDONESIA DAMAI

BULETIN INFO KITA - Mei

MENGOBROL (TENTANG) BAHASA MEDIA MASSA

Tidak seperti program lainnya dalam acara Makassar International Writers Festival 2018 yang kebanyakan membahas buku dan penulisnya, Harian KOMPAS membawakan sesi yang membincangkan penggunaan bahasa Indonesia, khususnya di media massa. 

Sesi “Klinik Bahasa“ dibawakan oleh Apolonius Lase, seorang penyelaras bahasa dari Redaksi Harian KOMPAS dengan materi “Bicara Bahasa Media Massa“, di Benteng Rotterdam, kota Ujung Pandang, Kamis pagi, 3 Mei. Melalui klinik ini Apolo menjelaskan tentang tiga hal yang selalu diperhatikan oleh Harian KOMPAS yaitu tata wajah, konten, dan bahasa. 
Soal bahasa, harian KOMPAS sangat ketat dan selalu mengedepankan penggunaan bahasa yang baik. Dalam upaya itu, setiap artikel yang dimuat di Harian KOMPAS dibahas secara berlapis mulai dari reporter saat menulis, kepala atau wakil kepala desk, penyelaras bahasa, penyunting yang terdiri atas wartawan senior, dan juga tentunya lembaga redaktur pelaksana ikut membaca. Semua ini dilakukan untuk memastikan agar tak ada kesalahan ejaan, pilihan kata, serta istilah-istilah. Pun agar berita harian KOMPAS sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, tidak mengandung SARA serta pornografi. 
Apolo menjelaskan juga soal bahasa selingkung KOMPAS, atau gaya bahasa yang dipakai di Harian KOMPAS. Tim penyelaras bahasa di Redaksi Harian KOMPAS berjumlah 17 orang, kebanyakan masuk malam (mulai sore hari) dan sebagian masuk pagi untuk membantu redaksi Kompas.id.
Dalam sesi ini Apolo didampingi oleh seorang pencinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin. Laki-laki Wikipediawan ini sendiri berlatar belakang pendidikan teknik, bisa dibilang memang sengaja menjerumuskan diri ke dalam dunia bahasa karena kecintaan. Seorang pakar Internet Indonesia, Ivan Lanin terutama dikenal sebagai aktivis yang menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta memperkenalkan padanan Indonesia dari istilah-istilah asing dan kiat menulis antara lain melalui blog pribadinya serta media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ivan, kelahiran tahun 1975, adalah juga salah seorang pendiri Wikimedia Indonesia. (Nana)

KG Dukung Kemajuan SMK

Kompas Gramedia turut berpartisipasi pada Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional ke-26 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan...

MAKAN MALAM APMF 2018; Beyond Coral Reef

Kompas Gramedia menghadirkan atmosfer makan malam bawah laut di perhelatan Asia Pasific Media Forum (APMF) 2018, Taman Jepun, Bali Nusa Dua Convention...

“DENDANG SEJUTA ANAK“ Peluncuran Album Dendang Kencana

Menyambung kemeriahan Dendang Kencana tahun lalu, KG melalui Bentara Budaya kembali menyelenggarakan Dendang Kencana 2018. Kali ini dalam kerjasama dengan...
© 1963 - 2018  Kompas Gramedia - All rights reserved