Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

3K PINDAH KANTOR

BULETIN INFO KITA - April

NULIS KREATIF BARENG INFOKITA

Belajar, asal dilakukan dengan senang dan tidak terpaksa, biasanya memang lebih terasa manfaatnya. Apalagi kalau bahan pelajarannya bisa langsung diterapkan di keseharian kerja, atau bahkan untuk kepentingan pribadi.

Sejak akhir tahun lalu InfoKita mulai membuka kelas dan mengundang karyawan KG pengemban tugas marcomm, kehumasan, atau pengampu tanggung jawab komunikasi lainnya di unit-unit untuk ikut belajar. Kelas dibuka secara terbatas hanya untuk 25–30 peserta agar berjalan efektif, hanya sehari, dengan materi seputar tulis-menulis. 
Gelombang pertama diadakan November tahun lalu dengan pemateri Redaktur Pelaksana Kompas.com Amir Sodikin, membahas penyusunan siaran berita atau press release ditambah sedikit pelengkap mengenai kiat-kiat “menembus“ redaksi media massa. 
Rombongan kedua disediakan waktu Rabu, 11 April di tempat yang sama dengan kelas pertama, di Lantai 7 Palmerah Barat. Kali ini hadir sebagai pemateri utama untuk judul kelas “Menulis Kreatif“ Asisten Manajer Konten Kompasiana Nurulloh. Menariknya, selain belajar mencari ide sampai merumuskannya menjadi sebentuk tulisan yang ringan namun tetap berbobot, peserta juga diajak sekaligus dipandu bagaimana caranya menjadi Kompasianer atau blogger Kompasiana. Pada akhir sesi belajar Nurulloh juga menawari peserta kesempatan amat baik untuk bisa mempromosikan kegiatan unit melalui tulisan sendiri di blog masing-masing di Kompasiana.
Selingan yang tetap penting meski berlangsung cuma 1 jam dibawakan oleh Asisten Manajer Produksi dan Editorial Penerbit Grasindo Bimo Nusantara pada kelas kedua ini. Bimo mengajak peserta mengobrol dan sedikit main games dalam tema tentang kesalahan-kesalahan yang belakangan umum dilakukan oleh banyak orang, termasuk kita di KG-soal penerapan penulisan Bahasa Indonesia di keseharian, termasuk yang terkait langsung pada pekerjaan. 
Khusus mengenai penerapan penulisan Bahasa Indonesia ini Redaktur Pelaksana InfoKita Nana Soebianto menekankan keharusan insan KG untuk menjaga nama baik Kompas Gramedia di mata publik. Banyak kesalahan penulisan baik materi di media sosial atau macam-macam publikasi lainnya termasuk rilis atau siaran berita, yang jika dibiarkan akan berdampak pada anggapan publik bahwa warga KG tidak menghargai bahasa kita sendiri. Media dan buku-buku terbitan KG sudah menentukan pentingnya standar penerapan Bahasa Indonesia dan mendapat tempat yang sangat baik di benak masyarakat pembaca. Kelas belajar menulis bersama InfoKita akan selalu mengingatkan minimal para peserta tentang pentingnya hal ini.

Bagaimana Cara Ikut Kelas InfoKita?
Secara berkala, rencananya setiap 3 bulan, Redaksi akan mengirim surat undangan yang ditujukan kepada unit-unit tentang dibukanya kelas belajar bareng ini. Peminat dipersilakan langsung mendaftarkan diri melalui saluran-saluran yang disediakan oleh Redaksi, dengan pembatasan maksimal 2 orang dari tiap departemen per unit.
Untuk sementara ini, terkait materi, kelas memang dikhususkan terlebih dulu bagi para pengampu tugas komunikasi seperti PR, marcomm, dan sejenisnya. Kesempatan bagi karyawan lain bagian yang sekiranya merasa perlu menambah pengetahuan seputar tulis-menulis kelak akan juga dibuka di masa mendatang. 
Sebagai catatan akhir, kelas ini memang baru dapat dilaksanakan di Jakarta saja, dengan peserta terbatas dari wilayah Jabodetabek. (Agatha, foto: Sujari) 

BOBO 45 Tahun #akubacaakutahu

Sejak pertama kali datang menyapa anak-anak Indonesia di tahun 1973, Bobo cepat sekali mendapat tempat di hati pembacanya. Bahasa si kelinci ini, ketika...

Paskah Kompas Gramedia 2018

Suara merdu Angelicha Adonia, putri karyawan KG, dan PS Karyawan KG yang tergabung dalam KG Bermazmur serta iringan KG Bermusik membuka Perayaaan Paskah...
© 1963 - 2018  Kompas Gramedia - All rights reserved