Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

1 LANGKAH 1000 KEMAJUAN

BULETIN INFO KITA - Februari 2017

SAYANGI DIRI SENDIRI

Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Hari Kasih Sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari dirayakan secara global. Perayaan ini umumnya melibatkan pernak-pernik bernuansa khas merah muda atau merah seperti cokelat, boneka, balon, dan sebagainya sebagai hadiah pernyataan kasih sayang kepada teman, kekasih, atau anggota keluarga. Ungkapan kasih sayang secara umum kita berikan kepada orang lain di sekitar kita, tetapi pernahkah kita terpikir untuk menyayangi diri kita sendiri? 

Bagaimana cara kita menyayangi diri sendiri? Cara yang mudah sebetulnya, jagalah kesehatan diri, tidak hanya kesehatan secara fisik, tetapi juga kesehatan mental. Luangkan waktu untuk merenungkan kebiasaan sehari-hari kita. Jika kebiasaan hidup kita masih kurang baik, mulailah untuk mengubahnya ke arah yang lebih baik. 

Gaya hidup sehat meliputi:

1. Aktif bergerak dan rutin olahraga.  

a. Aktif bergerak. Seluruh kegiatan tubuh yang membakar kalori disebut sebagai aktivitas fisik, misalnya mencuci mobil, membereskan rumah, mencuci, menyapu, dan lainnya. Keuntungan yang didapatkan dengan aktif bergerak antara lain:

- berat badan terkontrol,

- penurunan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus tipe 2, metabolic syndrome, kanker usus, paru, payudara, dan beberapa jenis kanker lainnya,

- menguatkan tulang dan otot, 

- meningkatkan/memperbaiki kesehatan mental dan suasana hati,

- memperpanjang usia harapan hidup.

b. Olahraga adalah seluruh aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, berulang, dan yang dirancang untuk memperkuat, memperbaiki, dan mengembangkan bagian tubuh tertentu serta meningkatkan kapasitas jantung dan paru. Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah jalan cepat/jalan tergopoh-gopoh.

2. Makan yang bergizi dan seimbang. Makanlah makanan yang lengkap zat gizinya, bervariasi, rendah GGL (gula, garam, lemak), dan tinggi serat. Makanlah dalam jumlah seimbang dengan jadwal teratur. Usahakan membawa makanan dari rumah karena selain dapat dipastikan gizi dan kebersihannya, juga menghemat pengeluaran. Jika terpaksa harus membeli, perhatikan kandungan gizi dan kebersihan dari penjual, penyaji, alat makan, makanan, tempat berjualannya. 

3. Cukupi kebutuhan istirahat dan tidur.

a. Istirahat adalah situasi yang tenang, relaks, tanpa gangguan emosional, dan bebas dari perasaan gelisah. Tidur siang merupakan bagian dari istirahat. Disarankan untuk tidur siang sekitar 10 menit maksimal 20 menit.

b. Tidur adalah kondisi saat terjadi perubahan kesadaran dan aktivitas fisik, dengan penurunan respons terhadap rangsang  luar. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda.

4. Kelola stres. Stres merupakan ketidakmampuan kita mengatasi berbagai tekanan dan permasalahan yang dialami dalam kehidupan dan dapat menyebabkan gangguan fisik seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, kelelahan, nyeri otot, gatal-gatal, dan lainnya. Banyak hal yang dapat dilakukan seperti berdoa/beribadah, mengikuti kegiatan sosial keagamaan, dengarkan musik, nonton film, belanja, tertawa/menangis, bersosialisasi, diskusi, curhat dengan pasangan, konseling, mandi, berenang atau berendam, menulis, menggambar, melukis, mengerjakan kerajinan tangan, berkebun, bermain dengan hewan peliharaan, olahraga, meditasi, yoga, relaksasi, teknik pernapasan, belajar hal-hal baru misalnya bahasa, fotografi, komputer, dan lainnya. Hindari perilaku yang merugikan kesehatan seperti seks bebas, rokok, narkoba, alkohol, perilaku merusak diri seperti menggigit kuku, mencabuti rambut, makan berlebih atau sebaliknya, marah-marah, menyendiri.

Selain itu, miliki kebiasaan hidup bersih, mencuci tangan dengan sabun, mandi dan sikat gigi secara teratur, tutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, dan hindari meludah sembarangan. 

Mengubah perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat bukan hal sulit, mempertahankan dan menjadikannya sebagai kebiasaan hiduplah bagian yang paling menantang. 

Beberapa tip untuk mengatasinya:

- Miliki tujuan yang jelas

- Rencanakan dengan matang

- Lakukan penyesuaian dengan ritme kehidupan

- Lakukan secara bertahap tetapi konsisten

- Buatlah menjadi menyenangkan

- Lakukan bersama teman

- Beri penghargaan pada diri sendiri atas setiap keberhasilan

- Terimalah bila melakukan kegagalan/kesalahan dan segera memperbaikinya

Kebiasaan hidup yang sehat menjaga tubuh dan jiwa kita senantiasa baik. Dengan demikian, selain produktivitas terjaga, tubuh kita juga dapat kita nikmati sampai akhir hayat tanpa gangguan berarti. Tetap sehat sampai usia lanjut sangat penting. Mari menyayangi diri sendiri dengan mulai hidup sehat! (dr. Susanti/Medical Centre KG)


Dari Kegembiraan Syukuran 2017

Daftar Pemenang Lomba Syukuran 2017

The Best Employees 2016

Penyerahan penghargaan TBE KG 2016 diadakan oleh Corporate Human Resources dalam acara Meet & Greet pada Kamis 26 Januari di BBJ. Sebanyak 87 karyawan...

Kunjungan KG Ke Kantor PBNU

Kamis, 23 Februari, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama beserta jajaran manajemen Kompas Gramedia bersilaturahmi ke Kantor PBNU Jalan Kramat Raya Jakarta...

Gramedia 47 Tahun Menginspirasi

Selama 47 tahun Gramedia menjadi bagian dari perkembangan bangsa Indonesia sebagai salah satu perusahaan retail terbesar dan tersebar di Tanah Air yang...

Jokowi Main Ke Toko Gramedia

Dalam dua kesempatan berdekatan, Presiden RI Joko Widodo bersambang ke Toko Gramedia di dua kota dan belanja buku.

Konvensi Improvement Innovation 2016 Percetakan Gramedia Cikarang

Perjalanan PKT (Pengendalian Kualitas Terpadu) yang dikenal di era 90an dan PIP (Productivity Improvement Programme) di era 2000an dapat menjadi pelajaran...

KG di Syukuran Hari Jadi ke-1 Indonesia CSR Society

Indonesia CSR Society adalah forum yang memberi kesempatan praktisi CSR dari berbagai perusahaan untuk bertemu secara teratur guna membentuk jejaring sinergis,...

Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup Untuk JO

Dalam rangka 70 tahun Serikat Perusahaan Pers (SPS), penghargaan “Lifetime Achievement“ diserahkan kepada pendiri Harian KOMPAS Dr. (HC) Jakob...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved