Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

INDONESIA YANG CERDAS

BULETIN INFO KITA - Mei 2017

#AKUBACA GERAKAN LITERASI NUSANTARA

Kegemaran membaca muncul karena pengaruh banyak faktor, mulai dari lingkungan, keluarga, sekolah, akses, dan lain-lain. Merayakan Hari Buku Nasional 2017 KG turut ambil bagian dalam upaya menumbuhkan minat baca sekaligus menjaring relawan penyebar ‘virus’ baca melalui Gerakan Literasi Nusantara bertajuk #AkuBaca. 

“Kompas Gramedia harus dapat memotivasi masyarakat khususnya dalam hal baca. Gerakan #AkuBaca menitikberatkan secara mendasar pada memotivasi ketertarikan dan keingintahuan anak, revitalisasi peran orangtua, dan optimalisasi peran sekolah. Menginvestasikan masa depan salah satunya dapat melalui membaca,“ ujar Direktur Corporate Communications KG Widi Krastawan.

Dengan semangat berbagi inspirasi, KG mengawali perjalanan gerakan #AkuBaca lewat acara sehari penuh berupa Bincang Inspiratif #AkuBaca bertema “Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia“ dengan narasumber Ninok Leksono (Rektor UMN), Najwa Shihab (Duta Baca), dan Nirwan Ahmad Arsuka (Pendiri Pustaka Bergerak), dengan moderator Cindy Sistyarani dari KompasTV, serta Workshop Inspirasi yang menghadirkan Butet Manurung (Aktivis Sosial) dan Gola Gong (Pendiri Taman Bacaan Rumah Dunia). 

Hadir perwakilan 17 TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dari 5 pulau di Indonesia yang memenangkan Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2017, 30 pegiat TBM atau Perpustakaan di Jabodetabek, serta 20 guru sekolah (PAUD atau TK, SD, SMP). 

Gerakan #AkuBaca mengampanyekan sisi menarik data dan fakta tentang membaca serta hal-hal unik lainnya. #AkuBaca tidak terpaku pada perusahaan atau instansi atau lembaga sebagai pihak dominan yang memberi (donasi) buku, namun juga menggalang donasi bahkan dari setiap individu dan menggerakkan relawan untuk berpartisipasi dalam gerakan berbagi buku. “Upaya baik ini membutuhkan kerja sama dan dukungan kita semua. Kami yakin ada banyak pihak, lembaga, maupun perorangan yang mempunyai energi positif untuk diajak menggalakkan kesadaran pentingnya membaca,“ tambah Widi Krastawan. 

Secara berkala #AkuBaca berfokus pada penyadaran minat baca dan kemudian peningkatan akses. Berbagai event serta lokakarya akan diadakan dalam setahun ini, bagi orangtua, sekolah, komunitas, serta masyarakat umum. Harapannya Generasi Baca tidak hanya mengerti bahwa membaca itu penting, tetapi membaca adalah kebutuhan diri. Karena dengan #AkuBaca, maka aku tahu dan aku bisa.  

“Kompas Gramedia bersama seluruh komponen masyarakat yang beragam akan terus menyebarkan semangat positif bagi bangsa dan negara Indonesia. Membaca adalah pintu menuju suatu perubahan bagi diri sendiri, lingkungan, bagi masyarakat, dan bagi negeri. Mari rayakan momentum ini dengan partisipasi bersama untuk tujuan mulia dalam mencerdaskan Bangsa,“ tutup Widi Krastawan. (*/dok.foto Corp. Communications)

PENGHARGAAN UNTUK Jakob Oetama

Satu lagi penghargaan bagi perintis Kompas Gramedia Jakob Oetama dianugerahkan, dari Paguyuban Alumni Publisistik dan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah...

DENDANG KENCANA 2017

Bermula dari keprihatinan, yang menjadi kepedulian, Kompas Gramedia ingin kembali menghidupkan sebuah program kegiatan untuk anak-anak dan guru pelajaran...

Kompasiana "Inspiraksi", Temu Komunitas se-Indonesia

Indonesia Community Day (ICD) 2017 sukses digelar Sabtu, 13 Mei di Plaza Pasar Ngasem, Jogja, dalam kerja sama Kompasiana dengan Tribun Jogja. Kesempatan...

SEHAT DAN BUGAR SAAT BERPUASA

Bulan Ramadhan segera tiba, sudahkah kita mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut bulan suci ini?
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved