Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

KG FEST 2016

BULETIN INFO KITA - Oktober 2016

DOA SYUKURAN 85 TAHUN PAK JAKOB

Berhubung banyaknya permintaan, berikut ini adalah doa yang dihantar oleh wartawan senior Harian Kompas sekaligus Rektor UMN Ninok Leksono pada acara HUT 85 Jakob Oetama (Red.)

Ya, Allah yang memberi terang kehidupan, 

Pada pagi yang berbahagia ini kami semua berkumpul di ruangan ini untuk menyampaikan rasa syukur atas HUT ke-85 orangtua dan sesepuh panutan kami Bapak Jakob Oetama.

Justru ketika orang-orang di belahan bumi utara menyongsong akhir September dengan masygul karena musim panas segera pergi (Septembre est la, l’été s’en va), di belahan bumi selatan sebaliknya orang menyambut pekan ini dengan harapan.

Di Desa Jowahan, di dekat Borobudur, 85 tahun silam Engkau tolong kelahiran seorang putra dari Bapak Brotosoesiswo dan Ibu Kartonah yang kemudian kami kenal sebagai Bapak Jakob Oetama.

Engkau beri ia keberuntungan bahkan dari tanggal kelahirannya, 27 bulan 9 yang jika ditambahkan tetap berupa angka bagus 9.

Kami bersyukur, bahwa Engkau telah membesarkan Pak Jakob dengan inklinasi intelektual, penyuka sejarah, berjiwa pendidikan, lalu menjadi entrepreneur sukses, dan lebih dari segalanya wartawan par excellence, dan nasionalis sejati, juga maestro dalam komunikasi.

Di atas itu, bagi kami para cantrik dan karyawan, Pak Jakob Engkau sempurnakan sebagai pengayom, yang ngewongke anak buah. Kami juga bersyukur, bahwa kepada Pak Jakob juga Engkau beri hati yang suka memberi, bahkan memberi cara Ibu Santa Teresa, yang ingin memberi hingga tangan terasa digigit... (Give... but give until it hurts)

Engkau berikan juga kepada beliau semangat pencerahan, hingga kami mengenal hakikat paham Kemanusiaan yang Beriman, sebagai bekal untuk hidup bersama sebagai anak-anak bangsa Indonesia yang berbeda-beda namun satu.

Pada kesempatan ini, kami tak punya cukup kata-kata untuk melukiskan rasa haru dan bahagia kami melihat Pak Jakob masih bersama kami.

Mungkin Pak Jakob sudah lupa siapa kami, tetapi mana mungkin kami lupa beliau, orangtua yang telah berjasa menjadikan kami berharkat karena bekerja dan mendapatkan penghasilan, dan dengan itu kami dapat menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak kami dan memelihara kesehatan mereka. Melalui beliau kami memahami laborare est orare, bekerja itu berdoa, beribadah.

Sungguh telah Engkau muliakan Pak Jakob.

Berpuluh tahun kami mendampingi Pak Jakob dan kami pun tahu, sebagai manusia beliau juga tak selalu hidup di musim bulan purnama. Saat beliau mengutip Shakespeare, bahwa hidup adalah “Lembah Air Mata“, kami juga menangkap itu juga ungkapan hati beliau.

Kini, saat memperingati 8,5 dasawarsa usia beliau, izinkan kami ikut memikul sebagian salib kehidupan beliau.

Berilah Pak Jakob kelapangan untuk menikmati saat bahagia bersama putra-putri dan cucu beliau.

Pada hari mulia ini Ya Tuhan izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Jakob, juga kesetiaan kami pada beliau, pada cita-cita, prinsip, dan nilai-nilai yang Pak Jakob turunkan pada kami. Berilah kami kekuatan untuk terus menjaga dan merawatnya.

Ya Allah, terus kucurkan berkat kepada Pak Jakob, juga pada kreasi bersama beliau dengan Bapak PK Ojong, yakni entitas Kompas Gramedia. Berikan juga bimbingan dan pencerahan, serta rasa welas asih seperti yang Pak Jakob ajarkan kepada Mas Lilik Oetama yang kini memimpin kami. Jadikan kepemimpinan beliau juga berkat bagi segenap karyawan Kompas Gramedia dan maslahat bagi masyarakat.

Tuhan yang Maha Mendengar doa hambanya, kiranya Engkau juga mendengar doa ini dan berkenan mengabulkannya.

Aamiin
(nin)

Penutupan OETAMA CUP 2016

Setelah tendangan bola CEO KG Lilik Oetama Jumat pagi 9 September silam, kelar juga penyelenggaraan event olahraga tahunan ini.

PARADE ACARA HUT KE-85 JO DI JAKARTA

Nama-nama band dari selingkung KG Jakarta Palmerah rata-rata unik, tidak membawa secara langsung nama unit asal. Sebut saja The Plokis, D’Coder,...

15 TAHUN BOLAVAGANZA

Lima belas tahun Majalah Bolavaganza hadir di tengah pembaca setianya untuk memberikan segala informasi seputar sepak bola. Tentang persiapan atlet menghadapi...

Kompas Gramedia Fest 2016 Ramaikan Pekan Raya Indonesia

Pekan Raya Indonesia (PRI) merupakan pesta rakyat berbasis entertainment yang memadukan beragam kekayaan bangsa, mulai dari warisan kuliner Nusantara,...

BERMAIN, BERGEMBIRA, dan BERPRESTASI di KIDSFEST

Media Anak Gramedia Majalah bekerja sama dengan Asuransi Jiwasraya kembali menggelar acara tahunan bertajuk KidsFest 2016, tanggal 15–16 Oktober...

Jakarta World Forum for Media Development 2016

UMN menjadi tuan rumah Jakarta World Forum for Media Development (JWFMD) 2016 dimulai Selasa 20 September, mengambil tema utama “Decoding the Future:...

20 TAHUN Kontan

Sejak berdiri 27 September 1996, dengan semangat “Membangun Kemandirian“, para pendiri Kontan berharap media ini mampu menjadi rujukan utama...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved