Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

JELANG AKHIR TAHUN

BULETIN INFO KITA - November 2016

DUTA BACA CILIK KONFERENSI ANAK BOBO 2016

Tahun ini, lewat penyelenggaraan tahunan Konferensi Anak Indonesia (Konfa), majalah Bobo kembali mewujudkan visi ikut mencerdaskan bangsa dengan melahirkan duta-duta baca cilik.
Para “Duta Baca Cilik“ ini adalah delegasi Konfa Indonesia 2016 yang mengangkat tema Aku dan Jendela Dunia, diikuti 33 murid SD perwakilan seluruh daerah di Indonesia. Mereka terpilih dari 1.800 anak dalam seleksi pemilihan delegasi konferensi dengan mengirimkan karya tulis ke panitia Majalah Bobo.

Konferensi diadakan di Jakarta, 8 sampai 11 November dengan materi pembekalan untuk memperluas cara pandang terhadap dunia literasi dari narasumber dan diskusi. Para narasumber antara lain Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia 2016), Imelda Naomy (Berkenalan dengan Buku), Ilham Habibie (Tokoh Inspirasi), Sutanto Winduro (pakar Mind Map dan Speed Reading), Muthia Fadhila Khairunnisa (Penulis Cilik Terbaik di Indonesia), Maman Suherman (Penggiat Literasi dan aktivis Perpustakaan Bergerak ), Bayu Gawtama (Founder Sekolah Relawan), dan Dwi Andayani (Ketua Yayasan 1001 Buku).

Najwa Shihab sangat antusias ketika berdialog dengan delegasi. Ia berharap, sepulang dari mengikuti konferensi, anak-anak ini bisa menjadi duta-duta baca di daerah masing-masing. “Adik-adik semua yang ada di sini adalah duta-duta baca. Anak yang mencintai buku dan mau mengajak orang lain mencintai buku,“ kata Najwa.

Saat berkunjung ke Perpustakaan Habibie dan Ainun, delegasi mendapat motivasi membaca dari putra BJ Habibie, Ilham Habibie, yang bercerita sejak dari kecil sudah suka membaca buku tanpa diminta oleh kedua orangtuanya.

Hari Jumat 11 November para delegasi membacakan dan menyerahkan deklarasi Konferensi Anak Indonesia 2016 di dua tempat. Pertama, deklarasi diserahkan kepada Presiden melalui kantor Sekretariat Kepresidenan di Bina Graha dan diterima oleh Jaleswari Pramodhawardani. Sesudahnya deklarasi diserahkan kepada Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui perwakilan dari Kementerian. Pada kesempatan itu, para delegasi juga dinobatkan sebagai Duta Baca Cilik yang siap melaksanakan janji-janjinya. (Sigit Wahyu, foto: Ricky Martin/Bobo)

DEKLARASI KONFERENSI ANAK INDONESIA 2016

1. Buku adalah sahabat setia, dengan buku kami mempunyai teman terbaik dan dapat mengembangkan imajinasi.

2. Buku adalah jendela dunia, dengan buku kami mendapat ilmu pengetahuan, membuka cakrawala, dan dapat melihat dunia lebih luas.

3. Dengan membaca kami mendapatkan kosakata baru dan bisa menjadi penulis.

4. Dengan menyebarkan virus membaca dan menyumbangkan buku, kami dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.

5. Membaca buku itu menyenangkan, membuat kami bahagia, dan panjang umur.

JANJI DUTA BACA CILIK
Kami berjanji:

1. Akan membaca minimal 30 menit setiap hari.

2. Akan mengurangi penggunaan gadget untuk hal yang kurang bermanfaat dan menggantinya dengan membaca buku.

3. Akan mengajak teman untuk rajin membaca dengan meminjamkan buku.

4. Akan menularkan virus baca dengan membuka taman bacaan dan membentuk komunitas peminat baca.

5. Akan menyumbangkan sebagian buku-buku kami kepada anak-anak yang kurang mampu.

KEMEWAHAN TERBARU DI PANTAI KUTA

Santika Indonesia Hotels and Resorts berbangga hati memberitahukan bahwa The ANVAYA Beach Resorts Bali kini telah sepenuhnya dibuka untuk umum mulai 11...

LAST BUT NOT LEAST- KARENA KITA KREATIF, DAN KITA FIT

LAST BUT NOT LEAST- KARENA KITA KREATIF, DAN KITA FIT

PRESSRELEASE.ID MENYAJIKAN BERITA KORPORASI TANPA DISTORSI

Selasa 15 November, Grahanusa Mediatama sebagai penerbit media bisnis dan investasi KONTAN memperkenalkan situs Internet baru bertajuk Pressrelease.id...

Bentara Budaya Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Balai Soedjatmoko Solo

Sekilas liputan acara di empat bentara budaya :

ALBUM DONAL BEBEK, 40 TAHUN MENGHIBUR KELUARGA INDONESIA

Acara Celebrating 40 Years of Album Donal Bebek pada perayaan sederhana namun berkesan di Disney Expo yang baru pertama kali diadakan di Indonesia oleh...

BLUSUKAN KE BANK SAMPAH

Seperti biasa, Bank Sampah Kampung Koran kembali buka pada minggu ketiga setiap bulan. Jelang siang Rabu 16 November, 3 Bank Sampah yang berada di 3 wilayah...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved