Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

KG UNTUK PEREMPUAN INDONESIA

BULETIN INFO KITA - April 2017

STROKE


Stroke adalah gangguan pada aliran darah ke otak yang menyebabkan sebagian sel otak mengalami kematian. Stroke dapat berkembang cepat, mengakibatkan cacat bahkan kematian sehingga penanganannya harus dilakukan ASAP. 

Ada dua macam stroke: Stroke Iskemik akibat terjadi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah, dan Stroke Hemoragik atau pecahnya pembuluh darah di otak dan paling berbahaya. Masih ada lagi jenis stroke akibat penyumbatan pembuluh darah yang bersifat sementara dan gejalanya hilang dalam 24 jam, disebut Transient Ischemic Attacks yang tetap mengandung risiko terjadinya stroke berikutnya dan biasanya lebih berat. 

Waktu penanganan atau jendela terapi stroke sendiri hanya sekitar 3–4 jam dan sangat penting untuk mencegah kerusakan permanen yang bisa berakibat fatal. Penderita yang baru saja mengalami serangan harus segera dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama sesuai jenis serangannya sesudah dilakukan diagnosis terlebih dahulu.  

Di Indonesia insiden stroke terjadi 12 setiap 1.000 orang, dan 1 dari 7 penderita meninggal dunia. Stroke adalah penyebab kematian ketiga terbesar dan sering meninggal cacat bahkan setelah sembuh. 

Gejala 
Waspadai tanda-tanda berikut ini: 
- Ketidakmampuan menggerakkan satu atau lebih anggota badan pada satu sisi badan seperti angkat kaki atau tangan.  
- Kesemutan/kebas pada bagian yang mengalami kelumpuhan. 
- Ketidakmampuan untuk berbicara (pelo atau pelat) atau sukar memahami konversasi. 
- Ketidakmampuan untuk melihat salah satu sisi dari luas pandangan, penglihatan ganda, serta kebutaan sementara, pusing, sakit kepala, bingung, lemah, hilang ingatan/kesadaran tiba-tiba, sulit koordinasi tangan dan lengan. 



Faktor Risiko 
 - Riwayat tekanan darah tinggi, tekanan darah yang meningkat akan mengganggu suplai darah dan pembuluh darah mudah pecah. 
- Meningkatnya kadar gula darah atau diabetes. 
- Kadar kolesterol yang tinggi. 
 - Pola makan tidak sehat, makanan instan, pemanis buatan, MSG, mengandung bahan pewarna kimia. 
 - Usia, fungsi organ tubuh mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. 
 - Kurang olahraga, pembakaran lemak kurang dan sirkulasi darah kurang lancar. 
 - Merokok. 
 - Gangguan irama jantung. 
 - Adanya kekentalan darah. 

Tekanan darah, kolesterol, gula, merokok paling mudah dikendalikan, sehingga dapat menurunkan 80% risiko. 

 Pencegahan 
1. Pola makan sehat: makanan kaya vitamin C, E, dan beta karoten seperti buah dan sayur sebagai antioksidan; rendah kolesterol; serat larut seperti biji-bijian, beras merah, gandum, jagung, kacang kedelai dan olahannya dapat mengurangi kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Kalsium dan susu memiliki efek protektif terhadap stroke; ikan, terutama yang berlemak seperti tuna dan salmon, mengandung Omega-3, eicosapentenoic (EPA), dan docosahexonoeic acid (DHA) yang melindungi jantung dengan efek proteksi terhadap risiko kematian mendadak. Makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi 2 kali seminggu. 
2. Berhenti merokok. 
3. Menghindari minuman beralkohol dan penyalahgunaan obat. 
4. Olahraga teratur. 
5. Sedapat mungkin menghindari stres dan istirahat cukup (dr. Hardja/Medical Centre KG)

PERAYAAN HARI KARTINI 2017 ALA PALMERAH

Dari sisi sebagai hari peringatan nasional, Hari Kartini biasanya diramaikan dengan perayaan, utamanya tampilan beragam busana daerah. Indonesia dibikin...

EMPOWERING TALENT: FINAL LOMBA INOVASI 2016

Kamis, 23 Maret, Final Lomba Inovasi 2016 digelar di lobi Palmerah Selatan, mengangkat tema “Empowering Talent“.

Ulang Tahun ke-7 Tribunnews.com : Satu7an

Dengan tema besar #satu7an, HUT ke-7 Tribunnews.com dirayakan dalam bentuk aneka lomba bersama kanal-kanal TribunTravel, TribunSport, dan TribunBisnis,...

HUT ke-43 GPU: #Nyala43

Telah 43 tahun “nyala api“ Penerbit Gramedia Pustaka Utama menerangi cakrawala literatur bangsa Indonesia, dimulai dari kisah sebuah cerita...

HUT KE-22 JASATAMA POLAMEDIA, PENGHARGAAN LOPER KORAN TELADAN

HUT ke-22 Jasatama Polamedia yang jatuh pada 27 Maret dirayakan sederhana tapi meriah di Kebun Raya Bogor pada Selasa, 28 Maret. Tema “Satu Langkah...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved