KERJA BAKTI RELAWAN KG DI FESTIVAL GERAKAN INDONESIA MENGAJAR

Para relawan dari KG itu meluangkan waktunya selama 1-2 hari untuk membantu membuat media belajar kreatif yang akan dikirimkan ke 126 SD penempatan Indonesia Mengajar yang tersebar dari Aceh Sampai Papua. Bertempat di Econvention Hall, Ancol, Jakarta, pada 5-6 Oktober 2013, Kerja Bakti di Festival Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) diikuti oleh ribuan relawan. Ada yang ikut secara pribadi, ada pula yang melalui wadah organisasi, lembaga ataupun perusahaan. Partisipasi relawan KG dalam kegiatan sosial ini tampak paling menyita perhatian.

Dengan mengenakan kaos khusus berwarna merah, rombongan relawan KG yang datang dengan 2 bus besar itu terlihat kompak dan terkoordinir dengan baik. Diantara yang lain, barangkali termasuk rombongan yang terbesar. “Senang sekali melihat ternyata yang turun tangan bukan satu dua orang, tapi kolektif. Kaosnya pun seragam. Penuh totalitas. Pokoknya its very positif. Mudahmudahan lebih banyak grup yang meniru seperti yang dilakukan Kompas Gramedia,“ kesan Anies Baswedan, Ketua Yayasan GIM, terhadap para relawan KG.

Dalam Kerja Bakti Festival GIM, para relawan diajak membuat media belajar kreatif di 9 wahana kerja yang tersedia, yaitu Kotak Cakrawala, Kartupedia, Kemas-kemas Sains, Teater Dongeng, Kepingpedia, Video Profesi, Melodi Ceria, Sains Berdendang dan Surat Semangat. Selain kesembilan wahana kerja itu, ada juga Aula Indonesia, wahana kolaborasi antar relawan untuk menjalin jejaring persaudaraan. “Kegiatan ini digelar sebagai wadah interaksi antar semua orang yang memperjuangkan pendidikan,“ kata Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif GIM. Festival GIM dibuka dengan upacara pengibaran bendera merah putih di Aula Indonesia. Upacara diikuti dengan hikmat oleh seluruh relawan, panitia, dan beberapa siswa pramuka yang menjadi petugas upacara.

Beberapa video yang menayangkan putra-putri Indonesia dari berbagai pelosok semakin mengentalkan nuansa nasionalisme, terutama saat mereka membacakan Pancasila dan UUD’45. Selepas upacara, para relawan langsung bergegas menuju wahana kerja sesuai pembagian kelompok awal. Relawan KG tak mau ketinggalan, semua tampak bersegera memulai pekerjaan dan kreativitasnya di berbagai wahana, sesuai dengan tagline Festival GIM, “segera berbuat, serentak bergerak“. Salah satunya Eva, relawan KG yang memulai kerja baktinya di wahana Surat Semangat. Saat ditemui, tampak Eva tengah menulis selembar surat yang ditujukan kepada guru dan murid SDN Sawangkar, Halmahera Selatan. “Saya pengen ngasih semangat dan ucapan terimakasih atas pengabdian para guru. Nggak banyak orang yang mau jadi guru, gajinya pun belum tentu besar. Tapi mereka tetap telaten mendidik adik-adik disana,“ ujarnya.

Dalam suratnya, karyawan GoRB ini juga memberi semangat kepada adik-adik peserta didik agar tetap semangat, pantang menyerah, rajin belajar, berdoa dan hormat sama orang tua. Sementara itu, Astiwi, relawan KG dari Bentara Muda, terlihat sedang memotong-motong kertas dan kardus di wahana Kemaskemas Sains. Ia mengaku tergerak untuk ikut serta dalam Festival GIM karena dorongan jiwa untuk membantu anak-anak sekolah yang berada jauh di pelosok negeri. “Senang bisa ikut berpartisipasi di kerja bakti ini. Sebuah wadah positif, apalagi bagi mahasiswa sepertiku, bisa menjadi relawan sosial,“ ujarnya bersemangat. Ratusan relawan KG lain pun sibuk dengan tanggung jawab masing-masing di berbagai wahana.

Totalitas KG dalam Kerja Bakti yang diadakan GIM semakin menegaskan keselarasan visi misi keduanya. Sebagaimana diungkapkan oleh GM CHR Anak Agung Gde Wima, keterlibatan KG merupakan wujud keselarasan terhadap visi misi GIM yang memang sangat identik. “Dengan turut bekerja bakti di Festival GIM, berarti kita juga menjalankan nilai dan falsafah perusahaan,“ ujarnya. Ini juga merupakan kelanjutan sinergi yang telah dijalin sebelumnya, antara lain melalui Kelas Inspirasi dan penandatanganan MoU antara KG dengan GIM beberapa waktu lalu. Wima menyampaikan bahwa keterlibatan KG juga didorong oleh spirit CSR, serta dalam rangka program branding KG. “Kita ingin mengembangkan spirit Corporate Social Responsibility, yaitu kepedulian perusahaan terhadap masyarakat.“ pungkasnya.

KIRIM BUKU & NgabubuREAD

Duduk santai lesehan sambil mengobrol akrab tentang pengalaman membaca menjadi konsep acara #AkuBaca NgabubuREAD, ajang ngabuburit kreatif pada bulan Ramadhan...

#mudiKGesit, MENGAWAL MUDIK LEBARAN 2017

Sesudah selama beberapa dasawarsa liputan pulang kampung Lebaran dilakukan sendiri-sendiri, tahun ini Harian KOMPAS, Kompas.com, KompasTV, dan Radio Sonora...

KOMPAS.com Raih Penghargaan Superbrands Award 2017

KOMPAS.com meraih penghargaan dalam kategori "online news" pada Superbrands Award 2017

GRAMEDIA SCIENCE DAY 2nd Science Olympic 2017

Gramedia bekerja sama dengan BCA kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan mengenal sains dengan cara menyenangkan dan kreatif, Gramedia Science Day.

BRITAMAXHAIDAY YOUTH EXPLORATION: #LIVEDREAMEXPLORE!

Muda, tidak mudah menyerah, senang mengeksplorasi. Tiga semangat itulah yang HAI ingin tularkan kepada teman-teman Indonesia melalui BritAmaXHaiDay pada...

DENDANG KENCANA 2017

KOMPAS GRAMEDIA berkeinginan untuk kembali menghidupkan DENDANG KENCANA, sebuah kegiatan kepedulian pada anak-anak dan guru, khususnya lewat lagu anak....

GRAMEDIA PRINTING SUARA PILKADA DKI 2017

Gramedia Printing menjadi penyedia pencetakan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 putaran kedua.

BOBO.ID - Semangat Masa Kanak-kanak

Bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Majalah Bobo meluncurkan sebuah “permainan“ baru yaitu BOBO.ID.

HUT ke-43 GPU: #Nyala43

Telah 43 tahun “nyala api“ Penerbit Gramedia Pustaka Utama menerangi cakrawala literatur bangsa Indonesia.

PENGHARGAAN LOPER KORAN TELADAN DI HUT KE-22 JASATAMA POLAMEDIA

HUT ke-22 Jasatama Polamedia yang jatuh pada 27 Maret dirayakan sederhana tapi tetap meriah di Kebun Raya Bogor pada Selasa, 28 Maret
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia