KG CHARITY

Ya, Pasir Kole adalah sebuah kampung terjauh di tepi Waduk Jatiluhur. Ketika waduk ini dibangun sekira tahun 1957, di saat kampung-kampung lain, juga desa bahkan pusat kecamatan direlokasi, Pasir Kole tetap bertahan dan menjadi yang tersisa hingga hari ini. Karena lokasinya terisolasi oleh waduk seluas 8.300 hektar ini, cukup sulit untuk menjangkaunya melalui jalan darat. Sarana transportasi yang digunakan oleh warga untuk menuju daerah lain adalah perahu. Ada perahu kecil atau ketinting, ada pula yang berukuran sedang.

Dengan perahu berukuran sedang itu, dari sisi waduk yang berada tak jauh dari Kantor Desa Kutamanah, sekira 25 relawan berkaos merah meluncur menuju Pasir Kole. Mereka ini adalah para karyawan KG dari tim Management Development Program (MDP) Batch 8. Kegiatan di Pasir Kole sekaligus menjadi semacam “nostagia“ bagi mereka yang tahun lalu menjadikan kampung ini sebagai lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kedatangan tim ini disambut hangat oleh warga Pasir Kole. Lebih hangat lagi, warga menjamu para relawan dengan hidangan tradisional yang beragam. Sayur lodeh, ikan asin, tempe goreng, krupuk, lengkap beserta lalapan khas tanah Sunda. Sebuah kenikmatan yang spesial bisa menyantap makanan itu di tepian Waduk Jatiluhur yang asri.

Selepas makan siang dan ramah-tamah, aksi sosial digelar. Koordinator tim yang juga Staf CSR/Comdev Corp Affairs KG, Zaenal Arifin, mengajak anak-anak berkumpul di lapangan rumput yang cukup luas di tepi waduk. Di sana, Zaenal dkk menggelar berbagai lomba untuk anak-anak, seperti lomba ketangkasan kata, dinamika kelompok, sampai lomba mewarnai. Anak-anak tampak sangat menikmatinya.

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah menarik. Yang tak menang pun tak kecewa. Panitia memberikan berbagai paket bingkisan untuk setiap anak, remaja, bahkan orangtua, berupa 230 buku bacaan anak, 680 buku bacaan remaja, paket alat tulis, paket sembako, senter, dan alat MCK. Ada pula paket indomie, biskuit, popok bayi, dan baju layak pakai yang disumbangkan oleh Sanggar Anak Kreatif dan Mandiri Bona.
Selain itu, tim juga menyumbangkan satu set komputer untuk menunjang fasilitas administratif Pasir Kole. “Bantuan ini, kalau dilihat nilainya mungkin tak seberapa. Tapi ini berangkat dari niat tulus kami untuk bersilaturahmi dan turut berkontribusi terhadap kesejahteraan warga masyarakat di Kampung Pasir Kole,“ sambut PR Manager Corp Affairs KG, Rio Rusminanto, yang turut serta dalam kegiatan ini.

Warga menerima semua bantuan itu dengan sukacita. “Terima kasih kepada Kompas Gramedia yang memiliki kepedulian tinggi dan berbagi demi kemajuan dan kesejahteraan Pasir Kole,“ ujar Kepala Kampung Pasir Kole, Khaerudin. Berbagai bantuan ini, menurutnya, akan sangat berarti dan bermanfaat bagi 250-an warga Pasir Kole yang kondisinya memang serba terbatas dalam hal fasilitas dan aksesabilitas.

Pasir Kole hari itu tampak begitu berseri-seri. Terpancar dari wajah-wajah warga dan relawan, juga matahari yang perlahan merunduk bagai hendak mencium permukaan air waduk. Panorama alam terasa lebih indah tatkala berpadu dengan solidaritas kemanusiaan.

#AkuBaca : Ajakan Kompas Gramedia untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Turut merayakan Hari Buku Nasional 2017, Kompas Gramedia, sebagai perusahaan multi industri di Indonesia, mempunyai tanggung jawab moral untuk turut mengambil...

GRAMEDIA SCIENCE DAY 2nd Science Olympic 2017

Gramedia bekerja sama dengan BCA kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan mengenal sains dengan cara menyenangkan dan kreatif, Gramedia Science Day.

BRITAMAXHAIDAY YOUTH EXPLORATION: #LIVEDREAMEXPLORE!

Muda, tidak mudah menyerah, senang mengeksplorasi. Tiga semangat itulah yang HAI ingin tularkan kepada teman-teman Indonesia melalui BritAmaXHaiDay pada...

DENDANG KENCANA 2017

KOMPAS GRAMEDIA berkeinginan untuk kembali menghidupkan DENDANG KENCANA, sebuah kegiatan kepedulian pada anak-anak dan guru, khususnya lewat lagu anak....

GRAMEDIA PRINTING SUARA PILKADA DKI 2017

Gramedia Printing menjadi penyedia pencetakan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 putaran kedua.

BOBO.ID - Semangat Masa Kanak-kanak

Bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Majalah Bobo meluncurkan sebuah “permainan“ baru yaitu BOBO.ID.

HUT ke-43 GPU: #Nyala43

Telah 43 tahun “nyala api“ Penerbit Gramedia Pustaka Utama menerangi cakrawala literatur bangsa Indonesia.

PENGHARGAAN LOPER KORAN TELADAN DI HUT KE-22 JASATAMA POLAMEDIA

HUT ke-22 Jasatama Polamedia yang jatuh pada 27 Maret dirayakan sederhana tapi tetap meriah di Kebun Raya Bogor pada Selasa, 28 Maret

PESTA KOMUNITAS se-INDONESIA!

Kompasiana bekerja sama dengan Tribun Jogja mempersembahkan Indonesia Community Day (ICD) pada Sabtu, 13 Mei mendatang di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakar...

THE 18TH INTERNATIONAL OTOBURSA TUMPLEK BLEK 2017

The 18th International OTOBURSA Tumplek Blek 2017 berhasil menarik 80.577 pengunjung dengan total transaksi mencapai 33,15 miliar rupiah selama dua hari...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia