KONSTRUKSI MENARA 3 UMN MASUK TAHAP TUTUP ATAP

Potesi krisis energi mengancam Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan data dari Indonesian Petroleum Association, ada kesenjangan antara permintaan energi dan pasokan produksi minyak di dalam negeri.

Pada saat yang sama, permintaan energi tinggi, sementara pasokan produksi menipis.

Berangkat dari kekhawatiran ini, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan penghematan energi melalui pembangunan gedung yang mengusung konsep hemat energi.

Langkah ini bukan pertama kalinya diterapkan oleh UMN, namun sudah yang ketiga kalinya.

Rektor UMN Ninok Leksono mengatakan, pembangunan Menara 3 kini telah mencapai tahap penutupan atap atau topping off.

"Karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satunya dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energi," ujar Ninok, di Tangerang Selatan, Jumat (27/1/2017).

Dia menuturkan, New Media Tower sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, sebagai gedung hemat energi.

Seperti New Media Tower, Menara 3 juga menggunakan double skin atau lapisan ganda yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian, ruangan cukup dingin dan terang meski pemakaian energinya minim.

Keberadaan taman atap atau roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Menara 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara menjadi lebih sejuk.

Sementara itu, cerobong-cerobong udara memanfaatkan perbedaan tekanan udara yang membuat basement atau lantai bawah tanah tidak perlu menggunakan exhaust fan.

Menara 3 dibangun untuk menyediakan fasilitas sebagai bagian dari kegiatan belajar-mengajar mahasiswa UMN.

"Tower 3 dibangun sesuai masterplan induk UMN guna menampung tambahan mahasiswa UMN dan tamahan sarana perkuliahan serta laboratorium," kata Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto.

Pada tahun ajaran baru, UMN menambah beberapa program studi baru, misalnya perhotelan.
Untuk itu, UMN mengalokasikan satu lantai khusus yang lengkap dengan ruang praktik mock-up kamar hotel dan food and beverage untuk menunjang sarana perkuliahan.

Dengan 19 lantai, ketinggian gedung mencapai 80 meter dan luas bangunan 42.500 meter persegi.

Menara ini ini memiliki kapasitas lebih dari 5.000 mahasiswa. Selain kelas, UMN sendiri menyiapkan beberapa fasilitas lain untuk menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu.

Fasilitas tersebut antara lain laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Arsitektur, Jurnalistik, Film & Televisi, dan Perhotelan.

Tidak hanya itu, fasilitas lain meliputi Lecture Theatre yang menampung 500 orang dan sarana olahraga dalam ruangan seperti basket, futsal, dan badminton di lantai teratas Menara 3.

Sumber : www.kompas.com

Pojok Baca di Lapas

Kendati harus menjalani masa hukuman, bukan berarti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kehilangan hak untuk memperluas pengetahuan melalui literatur yang...

Kompasianival "Kolaborasi Generasi"

Kompasianival, ajang kopi darat terbesar blogger dan netizen di Indonesia, masuk penyelenggaraan tahun ke-7 dengan tema "Kolaborasi Generasi", Sabtu 21...

Dendang Kencana 2017

Program Dedang Kencana 2017 memahami peran penting guru seni musik bagi anak-anak TK dan SD. Serangkaian pelatihan Musik, Vokal, dan Gerak digelar di Jakarta,...

Kompas.id Kini Hadir bagi Anggota GarudaMiles

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di pesawat menuju suatu tempat. Salah satunya membaca bacaan favorit atau bahkan membaca berita dari...

VIK Kompas.com Raih Penghargaan

Visual Interaktif Kompas (VIK), salah satu bagian produksi Kompas.com, berhasil meraih penghargaan "Best Website" kategori News/Entertaiment dalam ajang...

Ramenya 17-an Bareng Motion Radio

Bekerjasama dengan TransJakarta kembali dihadirkan “Nomaden Music Shelter Selebrasi 17A-an“. Digelar di Shelter Sarinah, Jakarta, jam 07.00...

#AkuBaca: Investasi Masa Depan

Membaca ibaratnya sudah menjadi fitrah manusia. Kompas Gramedia mengajak setiap individu Tanah Air untuk menyadari pentingnya membaca.

Ode Bulan Agustus #3: Bernyanyi Untuk Negeri

Mengutip kata Direktur Program Bentara Budaya Frans Sartono program tahunan Ode Bulan Agustus adalah semacam tujuhbelasan ala Bentara Budaya. Ode, atau...

Ulang Tahun Radio Sonora ke-45

Menginjak usia ke-45 tahun Radio Sonora mengadakan acara syukuran sederhana di Gedung Perintis Lt 5 Jl Kebahagiaan No.4-14 Krukut, Jakarta Barat. Meski...

GM Baru Santika Premiere Slipi Jakarta

Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta memiliki wajah baru dengan sentuhan warna berbeda dengan resminya General Manager baru, Guido Andriano.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia