KONSTRUKSI MENARA 3 UMN MASUK TAHAP TUTUP ATAP

Potesi krisis energi mengancam Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan data dari Indonesian Petroleum Association, ada kesenjangan antara permintaan energi dan pasokan produksi minyak di dalam negeri.

Pada saat yang sama, permintaan energi tinggi, sementara pasokan produksi menipis.

Berangkat dari kekhawatiran ini, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan penghematan energi melalui pembangunan gedung yang mengusung konsep hemat energi.

Langkah ini bukan pertama kalinya diterapkan oleh UMN, namun sudah yang ketiga kalinya.

Rektor UMN Ninok Leksono mengatakan, pembangunan Menara 3 kini telah mencapai tahap penutupan atap atau topping off.

"Karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satunya dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energi," ujar Ninok, di Tangerang Selatan, Jumat (27/1/2017).

Dia menuturkan, New Media Tower sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, sebagai gedung hemat energi.

Seperti New Media Tower, Menara 3 juga menggunakan double skin atau lapisan ganda yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian, ruangan cukup dingin dan terang meski pemakaian energinya minim.

Keberadaan taman atap atau roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Menara 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara menjadi lebih sejuk.

Sementara itu, cerobong-cerobong udara memanfaatkan perbedaan tekanan udara yang membuat basement atau lantai bawah tanah tidak perlu menggunakan exhaust fan.

Menara 3 dibangun untuk menyediakan fasilitas sebagai bagian dari kegiatan belajar-mengajar mahasiswa UMN.

"Tower 3 dibangun sesuai masterplan induk UMN guna menampung tambahan mahasiswa UMN dan tamahan sarana perkuliahan serta laboratorium," kata Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto.

Pada tahun ajaran baru, UMN menambah beberapa program studi baru, misalnya perhotelan.
Untuk itu, UMN mengalokasikan satu lantai khusus yang lengkap dengan ruang praktik mock-up kamar hotel dan food and beverage untuk menunjang sarana perkuliahan.

Dengan 19 lantai, ketinggian gedung mencapai 80 meter dan luas bangunan 42.500 meter persegi.

Menara ini ini memiliki kapasitas lebih dari 5.000 mahasiswa. Selain kelas, UMN sendiri menyiapkan beberapa fasilitas lain untuk menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu.

Fasilitas tersebut antara lain laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Arsitektur, Jurnalistik, Film & Televisi, dan Perhotelan.

Tidak hanya itu, fasilitas lain meliputi Lecture Theatre yang menampung 500 orang dan sarana olahraga dalam ruangan seperti basket, futsal, dan badminton di lantai teratas Menara 3.

Sumber : www.kompas.com

Ramenya 17-an Bareng Motion Radio

Bekerjasama dengan TransJakarta kembali dihadirkan “Nomaden Music Shelter Selebrasi 17A-an“. Digelar di Shelter Sarinah, Jakarta, jam 07.00...

#AkuBaca: Investasi Masa Depan

Membaca ibaratnya sudah menjadi fitrah manusia. Kompas Gramedia mengajak setiap individu Tanah Air untuk menyadari pentingnya membaca.

Ode Bulan Agustus #3: Bernyanyi Untuk Negeri

Mengutip kata Direktur Program Bentara Budaya Frans Sartono program tahunan Ode Bulan Agustus adalah semacam tujuhbelasan ala Bentara Budaya. Ode, atau...

Ulang Tahun Radio Sonora ke-45

Menginjak usia ke-45 tahun Radio Sonora mengadakan acara syukuran sederhana di Gedung Perintis Lt 5 Jl Kebahagiaan No.4-14 Krukut, Jakarta Barat. Meski...

GM Baru Santika Premiere Slipi Jakarta

Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta memiliki wajah baru dengan sentuhan warna berbeda dengan resminya General Manager baru, Guido Andriano.

LINTINGAN KORAN DEKAT PERLINTASAN KERETA PALMERAH

Berawal dari ketertarikan pada benda sederhana terbuat dari limbah kertas koran, beberapa pemuda Indonesia yang berkuliah di Amerika Serikat berniat membantu...

Dendang Kencana 2017: Lagu Untuk Anakku

Lomba paduan suara tingkat TK dan SD “Dendang Kencana“ yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia sejak tahun 1990 hingga 1996 kembali diha...

Aku Indonesia

Memaknai Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan berbagai komunitas anak menggelar Pekan Kreativitas...

Liga Kompas Gramedia U14: Berangkat ke Gothia

Konsistensi KG untuk ikut serta dalam upaya pembinaan generasi muda Indonesia di bidang olahraga terus dibuktikan melalui penyelenggaraan kompetisi Liga...

Tere Liye di Gramedia Maluku City Mall

Hari Minggu 9 Juli novelis Tere Liye datang ke Kota Manise dalam roadshow perilisan novel terbaru dari seri trilogi Bumi yakni Bintang.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia