KONSTRUKSI MENARA 3 UMN MASUK TAHAP TUTUP ATAP

Potesi krisis energi mengancam Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan data dari Indonesian Petroleum Association, ada kesenjangan antara permintaan energi dan pasokan produksi minyak di dalam negeri.

Pada saat yang sama, permintaan energi tinggi, sementara pasokan produksi menipis.

Berangkat dari kekhawatiran ini, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan penghematan energi melalui pembangunan gedung yang mengusung konsep hemat energi.

Langkah ini bukan pertama kalinya diterapkan oleh UMN, namun sudah yang ketiga kalinya.

Rektor UMN Ninok Leksono mengatakan, pembangunan Menara 3 kini telah mencapai tahap penutupan atap atau topping off.

"Karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satunya dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energi," ujar Ninok, di Tangerang Selatan, Jumat (27/1/2017).

Dia menuturkan, New Media Tower sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, sebagai gedung hemat energi.

Seperti New Media Tower, Menara 3 juga menggunakan double skin atau lapisan ganda yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian, ruangan cukup dingin dan terang meski pemakaian energinya minim.

Keberadaan taman atap atau roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Menara 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara menjadi lebih sejuk.

Sementara itu, cerobong-cerobong udara memanfaatkan perbedaan tekanan udara yang membuat basement atau lantai bawah tanah tidak perlu menggunakan exhaust fan.

Menara 3 dibangun untuk menyediakan fasilitas sebagai bagian dari kegiatan belajar-mengajar mahasiswa UMN.

"Tower 3 dibangun sesuai masterplan induk UMN guna menampung tambahan mahasiswa UMN dan tamahan sarana perkuliahan serta laboratorium," kata Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto.

Pada tahun ajaran baru, UMN menambah beberapa program studi baru, misalnya perhotelan.
Untuk itu, UMN mengalokasikan satu lantai khusus yang lengkap dengan ruang praktik mock-up kamar hotel dan food and beverage untuk menunjang sarana perkuliahan.

Dengan 19 lantai, ketinggian gedung mencapai 80 meter dan luas bangunan 42.500 meter persegi.

Menara ini ini memiliki kapasitas lebih dari 5.000 mahasiswa. Selain kelas, UMN sendiri menyiapkan beberapa fasilitas lain untuk menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu.

Fasilitas tersebut antara lain laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Arsitektur, Jurnalistik, Film & Televisi, dan Perhotelan.

Tidak hanya itu, fasilitas lain meliputi Lecture Theatre yang menampung 500 orang dan sarana olahraga dalam ruangan seperti basket, futsal, dan badminton di lantai teratas Menara 3.

Sumber : www.kompas.com

#AkuBaca : Ajakan Kompas Gramedia untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Turut merayakan Hari Buku Nasional 2017, Kompas Gramedia, sebagai perusahaan multi industri di Indonesia, mempunyai tanggung jawab moral untuk turut mengambil...

GRAMEDIA SCIENCE DAY 2nd Science Olympic 2017

Gramedia bekerja sama dengan BCA kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan mengenal sains dengan cara menyenangkan dan kreatif, Gramedia Science Day.

BRITAMAXHAIDAY YOUTH EXPLORATION: #LIVEDREAMEXPLORE!

Muda, tidak mudah menyerah, senang mengeksplorasi. Tiga semangat itulah yang HAI ingin tularkan kepada teman-teman Indonesia melalui BritAmaXHaiDay pada...

DENDANG KENCANA 2017

KOMPAS GRAMEDIA berkeinginan untuk kembali menghidupkan DENDANG KENCANA, sebuah kegiatan kepedulian pada anak-anak dan guru, khususnya lewat lagu anak....

GRAMEDIA PRINTING SUARA PILKADA DKI 2017

Gramedia Printing menjadi penyedia pencetakan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 putaran kedua.

BOBO.ID - Semangat Masa Kanak-kanak

Bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Majalah Bobo meluncurkan sebuah “permainan“ baru yaitu BOBO.ID.

HUT ke-43 GPU: #Nyala43

Telah 43 tahun “nyala api“ Penerbit Gramedia Pustaka Utama menerangi cakrawala literatur bangsa Indonesia.

PENGHARGAAN LOPER KORAN TELADAN DI HUT KE-22 JASATAMA POLAMEDIA

HUT ke-22 Jasatama Polamedia yang jatuh pada 27 Maret dirayakan sederhana tapi tetap meriah di Kebun Raya Bogor pada Selasa, 28 Maret

PESTA KOMUNITAS se-INDONESIA!

Kompasiana bekerja sama dengan Tribun Jogja mempersembahkan Indonesia Community Day (ICD) pada Sabtu, 13 Mei mendatang di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakar...

THE 18TH INTERNATIONAL OTOBURSA TUMPLEK BLEK 2017

The 18th International OTOBURSA Tumplek Blek 2017 berhasil menarik 80.577 pengunjung dengan total transaksi mencapai 33,15 miliar rupiah selama dua hari...
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia