Rumah Kreasi

Sebagai perusahaan yang mempunyai komitmen dan kepedulian sosial tinggi, pada 24 Mei 2013 Kompas Gramedia mendirikan Rumah Kreasi Kompas Gramedia. Berlokasi di dekat perkantoran utama Kompas Gramedia yakni di Kelurahan Gelora, Rumah Kreasi didirikan dengan tujuan mewujudkan cita-cita perusahaan dalam rangka mencerahkan kehidupan bangsa, seusai slogan Enlightening People. 

Rumah Kreasi Kompas Gramedia ditujukan sebagai wadah untuk menularkan segala potensi kreasi, terutama bagi masyarakat sekitar perkantoran Kompas Gramedia. Melalui Rumah Kreasi Kompas Gramedia ini, masyarakat di sekitar perkantoran utama Kompas Gramedia didorong dan didampingi agar dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya untuk berkembang dan mencapai kemandirian sosial.

Program-program yang dijalankan di Rumah Kreasi Kompas Gramedia bersifat peningkatan kapasitas (capacity building) dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment). Program-program pelatihan yang disiapkan mencakup keterampilan bagi segala usia, mulai dari kerajinan tangan hingga keterampilan praktis. Oleh karena lokasinya yang sangat dekat dengan perkantoran Kompas Gramedia, Rumah Kreasi diharapkan juga dapat menjadi salah satu wadah bagi karyawan untuk terus mengupayakan Personal Corporate Responsibility di samping kegiatan Corporate Social Responsibility yang rutin dijalankan.

Poliklinik (Medical Center) Kompas Gramedia

Layanan ini hadir pertama kali 31 Mei 1979 dengan tujuan antisipasi kesehatan karyawan selama bekerja. Hal ini juga berkaitan dengan peraturan pemerintah tentang keselamatan dan kesehatan tenaga kerja. Lebih penting dari itu, Kompas Gramedia melihat bahwa kesehatan dan keselamatan karyawan selama bekerja perlu dilindungi. 

Mulai tahun 1985, layanan ini diperluas tidak hanya melayani karyawan Kompas Gramedia tetapi juga masyarakat sekitar perusahaan. Bentuk pelayanannya meliputi dokter umum, pemberian obat, konsultasi dan program keluarga berencana, serta vaksinasi dasar. Layanan ini berlaku di seputar kantor Palmerah, Kebun Jeruk, dan Gajah Mada. 

Secara garis besar, layanan Medical Center Kompas Gramedia untuk karyawan yaitu 75% berupa pengobatan karyawan dan 25% berupa tindakan preventif seperti medical check up, seminar kesehatan, lokakarya kelas diabetes dan lokakarya kelas hipertensi. 

Untuk layanan gawat darurat, dibentuk team first aid yang melibatkan karyawan di unit untuk melakukan tindakan pertolongan pertama dengan tujuan keselamatan kerja karyawan. Tim ini dididik dan dibekali kemampuan untuk melakukan pertolongan pertama pada karyawan. Rujukan rumah sakit untuk wilayah kantor Kompas Gramedia Palmerah dan Kantor Gramedia Majalah di Jalan Panjang Kebon Jeruk adalah Rumah Sakit Medica Permata Hijau. Sementara itu, kantor Kompas Gramedia di Jalan Gajah Mada menggunakan layanan Rumah Sakit Husada. Layanan ini tersedia 24 jam. 

Selama beroperasi, Medical Center ini didukung oleh 3 dokter (Dr. Harja Wijaya, Dr. Susanti, dan Dr. Linda Nurcahya), 4 perawat, dan 1bidan. Semua tenaga medis ini telah memiliki sertifikasi sebagai tenaga medis dari Departemen Kesehatan dan secara periodik dipantau oleh Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. 

Jam operasional Medical Center:

- Palmerah: Senin - Jumat, pukul 08.00 - 17.00 WIB
- Gajah Mada: Selasa, Kamis, pukul 13.00 - 15.00 WIB
- Kebon Jeruk: Senin, Rabu, Jumat, pukul 13.00 - 15.00 WIB
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia